Selasa, 21 Juni 2011

Contoh RPP PKn

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : PKn
Kelas/ Semester : XII / I
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit( satu kali pertemuan )Standar Kompetensi : 1. Menampuilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

I. Indikator
a Mendeskripsikan pengertian pancasila
b Mendeskripsikan kedudukan pancasila

II. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pempelajaran ini :
A. Siswa dapat menjelaskan pengertian Pancasila
B. siswa dapat menjelaskan mengenai Kedudukan Pancasila

II. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Pancasila
a. Muhammad Yamin
Pancasila berasal dari kata panca = lima dan sila =sendi, asas dasar atau peraturan yang penting dan baik.
b. Ir Soekarno
Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun temurun yang sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat.
c. Notonegoro
Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia
d. Terminologi
BUPUKI= Pancasila memiliki arti lima asas dasar digunakan oleh presiden Soekarno untuk memberi nama pada lima prinsip dasar negara Indonesia yang diusulkan.

2. Kedudukan Pancasila
a. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
b. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.
c. Pancasila sebagai ligalatur bangsa Indonesia
d. Sebagai jati diri bangsa Indonesia


III. Metode, Model dan Pendekatan Pembelajaran
A. Metode : Informasi, diskusi, tanya-jawab, diskusi, Portofolio
B. Pendekatan : Kooperatif
C. Model : Think Pair and Share
IV. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan awal ( 10 menit )
1. Mengucap Salam
2. Membaca do’a
3. Persuasi
4. Apersepsi
5. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
6. Pretes
B. Kegiatan inti (25 menit)
1. Guru menyampaikan inti materi yang akan diajarkan
2. Menerapkan model pembelajaran
3. Guru menyampaikan perangkat pembelajaran kepada siswa
4. Siswa diminta untuk berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing.
5. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mngemukakan hasil diskusinya.
6. Berawal dari kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa.

C. Kegiatan akhir (10 menit)
1. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
2. Postes
3. Penugasan membuat rangkuman hasil belajar hari ini.
4. Refleksi
5. Penutup
V. Alat dan Sumber Belajar

A. Alat : LCD, caption, Whiteboard dan spedol, laptop
B. Sumber Belajar :
1 PKn kls XII, Erlangga, Jakarta,
2 Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga
3 Internet, lingkungan
4 Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan



VI. Penilaian Evaluasi
o Teknik Penilaian
Tes tertulis
Tes secara langsung
o Bentuk Instrumen Penilaian
Tes Tertulis : berupa soal esay
Tes secara Langsung : Penilaian proses diskusi dan keaktifan di kelas
o Kriteria penilaian
a. Teks Tertulis
• Jumlah soal = 5
• Nilai tiap soal = 0 - 20
• Nilai akhir =Nilai skor tiap soal x 5



Soal
1. Sebutkan pengertian pancasila secara etimologi
2. Jelaskan mengenai pancasila sebagai dasar negara RI
3. Jelaskan mengenai pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.
4. Jelaskan mengenai pancasila sebagai ligalatur bangsa Indonesia
5. jelaskan mengenai pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia



Mengetahui, Banjarmasin, 24 Maret 2011
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran























SKENARIO PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal (7 menit)
• Guru : Mengucapakan salam
• Siswa : Menjawab salam
• Guru : Sebelum kalian memulai pelajaran hari ini silahkan berdo’a dulu (…) silahkan pimpin do’a
• Siswa : teman-teman sebelum kita belajar marilah kita berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdo’a mulai.
Berdo’a selesai
• Guru : Bagaimana kabarnya hari ini?
• Siswa : Baik bu
• Guru : siapa hari ini yang tidak hadir?
• Siswa : menjawab
• Guru : sebelum kita memulai pelajaran, agar kalian sebagai pemuda dan pemudi penerus generasi bangsa bersemangat dalam belajar, marilah terlebih dahulu kita menyanyikan sebuah lagu yang berjudul ” Bangun pemudi-pemuda”
• Siswa : siswa menyanyi
• Guru : sebelum menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini ibu ingin tahu, seberapa jauh pengetahuan kalian tentang Pancasila?
• Siswa : mengemukakan pendapat
• Guru : menyampaikan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan inti ( 15 menit )
• Guru : (menjelaskan inti materi yang akan diajarkan )
• Siswa : (mendengarkan.)
• Guru : dari penjelasan ibu tadi apakah ada yang di tanyakan?
• Siswa : (ya / tidak )
• Guru : ”silahkan kalian bentuk kelompok berpasangan,dan diskusikan dengan teman sekolompok permasalahan yang akan ibu sajikan.”
• Siswa : (membentuk kelompok dan mendiskusikan permasalahan)
• Guru : ”waktu telah habis, kelompok mana yang akan mengemukakan pendapat terlebih dahulu?(menunjuk beberapa kelompok, untuk menjelaskan pemecahan (masalah)”
• siswa :(menjelaskan pemecahan masalah dari kasus yang disajikan.)
• Guru : apa ada dari kelompok lain yang berbeda pendapat?
• Siswa : menjawab ( jika terjadi perbedaan pendapat, maka diskusi masih tetap berlanjut)
• Guru : (menjelaskan atau menambahkan dari hasil diskusi siswa). Apa ada yang di tanyakan.
• Siswa : (iya/ tidak )

C. Kegiatan Akhir ( 7 menit)
1. Kesimpulan
• Guru : (menyimpulkan materi pelajaran hari ini bersama dengan siswa), anak- anak siapa yang masih ingat pengertian pancasila?
• Siswa : Pancasila berasal dari kata panca = lima dan sila =sendi, asas dasar atau peraturan yang penting dan baik.
• Guru : iya tepuk tangan ....., selain itu siapa yang bisa menjelaskan lagi pengertian Pancasila?
• Siswa : saya Bu, menurut Ir. Soekarno Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun temurun yang sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat.
• Guru : benar, kamu pinter (..), sekarang siapa yang masih ingat apa kedudukan Pancasila di Indonesia?
• Siswa : Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila sebagai ligalatur bangsa Indonesia, dan Sebagai jati diri bangsa Indonesia
• Guru : tepuk Tangan, sampai disini apakah ada yang ditanyakan?
2. Postes
• Guru : sekarang ibu akan membagikan lembaran soal.., silahkan kalian jawab dengan singkat dan padat dalam waktu lima menit.
• Guru :waktu habis silahkan di kumpul
• Siswa : iya bu.


3. Refleksi
• Guru : Meminta pendapat kepada siswa tentang cara belajar hari ini
• Siswa : menjawab \

4. Penutup (5 menit )
• Guru : sekarang siapa yang mau memimpin do’a?
• Siswa : saya bu (siswa berdo’a)
• Guru : demikianlah pembelajaran kita hari ini, salah dan hilaf ibu mohon maaf, assalamu’alaikum wr. wb.